Kenali Perbedaan Batuk Berdahak dan Batuk Kering dan Atasi dengan Herbakof Sirup

Hampir semua orang pernah mengalami batuk, baik batuk berdahak maupun batuk kering. Terkadang, beberapa orang kebingungan apa jenis batuk yang sedang dialami sehingga kewalahan untuk mengatasinya. Batuk berdahak maupun batuk kering dapat diatasi dengan satu obat seperti Herbakof sirup. Namun, sebelum mengetahui cara mengatasinya, penting bagi Anda untuk mengetahui perbedaan dari batuk berdahak dan batuk kering.

Perbedaan Batuk Berdahak dan Batuk Kering

Batuk pada dasarnya bukanlah penyakit, namun gejala atau tanda bahwa kondisi kesehatan seseorang sedang terganggu. Batuk berdahak atau batuk kering memiliki satu kesamaan, yaitu membuat penderitanya merasa tidak nyaman.

Hal signifikan yang membedakan dari kedua jenis batuk ini adalah ada atau tidaknya lendir yang dihasilkan saat batuk. Untuk lebih jelasnya, berikut perbedaan antara batuk berdahak dan batuk kering.

  • Batuk berdahak

Batuk berdahak merupakan jenis batuk yang membawa lendir ke tenggorokan. Lendir atau dahak saat batuk ini dihasilkan tubuh sebagai respon perlindungan diri secara alami. Saat ada substansi asing yang masuk ke dalam tubuh, sistem pernapasan akan menghasilkan dahak yang berguna untuk menangkap patogen atau alergen tersebut.

Sangat jelas bahwa perbedaan batuk kering dan batuk berdahak berada pada lendir yang dihasilkan tubuh. Selain itu, perbedaannya juga terlihat dari cara batuk. Batuk kering cenderung sulit untuk dikendalikan, namun batuk berdahak justru sebaliknya. Batuk berdahak juga cenderung terdengar basah saat terbatuk.

  • Batuk kering

Berbeda dengan batuk berdahak, tubuh tidak menghasilkan lendir saat mengalami batuk kering. Batuk kering ini sulit dikendalikan dan juga terjadi secara terus menerus.

Saat mengalami batuk kering, belakang tenggorokan akan terasa gatal dan kering, terutama jika Anda beraktivitas di ruangan ber-AC atau kering.

Batuk kering umumnya terjadi karena sistem pernapasan sedang mengalami iritasi atau peradangan. Selain itu, batuk kering dapat muncul setelah seseorang sembuh dari batuk berdahak. Pada kondisi ini, batuk kering bisa bertahan hingga beberapa hari atau beberapa minggu.

Penyebab Batuk Berdahak

Beberapa kondisi yang ditandai dengan batuk berdahak, diantaranya:

  • Asma

Pada beberapa orang, asma dapat membuat tubuh memproduksi lendir berlebih. Umumnya hal ini muncul karena asma kambuh saat cuaca yang dingin atau terpapar bahan kimia sehingga akan disertai dengan batuk berdahak.

  • Bronkitis kronis

Bronkitis kronis dapat membuat peradangan pada saluran udara dalam waktu lama yang membuat penderita dapat mengalami batuk berdahak yang berwarna. Penyakit ini termasuk dalam penyakit paru obstruktif kronik yang dapat terjadi akibat kebiasaan merokok.

  • Pneumonia

Pneumonia merupakan infeksi pada paru-paru yang disebabkan oleh bakteri, virus, atau jamur. Seseorang bisa mengalami batuk berdahak saat menderita penyakit ini karena terdapat produksi lendir yang berlebih di paru-paru. Pneumonia harus ditangani dengan tepat oleh tenaga medis ahli karena kondisi ini dapat mengancam jiwa.

Penyebab Batuk Kering

Batuk kering dapat muncul karena beberapa kondisi sebagai berikut:

  • Asma

Sama dengan batuk berdahak, batuk kering juga dapat muncul karena asma. Asma merupakan kondisi dimana saluran napas seseorang mengalami peradangan dan dapat bertambah parah ketika ada pemicunya.

  • GERD

GERD atau refluks asam lambung yang naik menuju kerongkongan dapat menyebabkan dinding kerongkongan iritasi. Saat terjadi iritasi tersebut, gejala batuk kering dapat muncul. Selain batuk, tanda yang dialami oleh penderita GERD adalah rasa panas dan nyeri di ulu hati.

  • Infeksi virus

Batuk kering dapat terjadi karena infeksi virus. Umumnya, gejala batuk kering terjadi setelah infeksi virus selesai dan batuk kering dapat bertahan hingga dua bulan kemudian.

Cara Mengatasi Batuk Berdahak dan Batuk Kering

Biasanya, orang akan mengonsumsi obat berdasarkan jenis batuknya untuk meredakan gejala batuk tersebut. Namun, tidak ada salahnya Anda memiliki stok obat yang dapat mengatasi kedua jenis batuk ini. Salah satu obat yang dapat mengatasi jenis batuk berdahak dan batuk kering adalah Herbakof Sirup. Obat ini dapat meredakan batuk dan melegakan tenggorokan.

Herbakof Sirup memiliki kandungan berbagai bahan alami seperti daun legundi, rimpang jahe, daun saga, dan buah mahkota dewa. Bahan-bahan tersebut sudah sejak lama digunakan untuk mengatasi masalah peradangan di tenggorokan, batuk berdahak, hingga batuk kering.

Tidak perlu khawatir, obat ini dapat dikonsumsi oleh anak-anak dan orang dewasa dengan takaran sebagai berikut:

  • Anak-anak usia 6 hingga 12 tahun: 1 sendok takar 3 kali sehari
  • Orang dewasa: 3 sendok takar 3 kali sehari

Pastikan Anda mengikuti petunjuk aturan pakai pada kemasan. Untuk menjaga kualitas dari Herbakof Sirup, simpan pada tempat yang sejuk dan kering serta terhindar dari paparan sinar matahari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *