Begini Penyebab Dan Penyembuhan Diare Dengan Diapet Kapsul

diapet kapsul

Diare dapat terjadi karena berbagai alasan dan biasanya hilang dengan sendirinya dalam satu hingga tiga hari. Saat mengalami diare, Anda mungkin perlu segera ke kamar mandi karena merasa terdesak dan ini mungkin terjadi lebih sering dari biasanya. Anda mungkin juga merasa kembung, mengalami kram perut bagian bawah, dan terkadang mengalami mual. Pengobatan diare salah satunya dengan Diapet Kapsul mengandung ekstrak tumbuhan alami seperti ekstrak daun jambu biji, rimpang kunyit, buah mojokeling, dan kulit buah delima. Daun jambu biji telah dipercaya sejak lama dapat membantu memadatkan feses serta melumpuhkan bakteri penyebab diare.

Meskipun sebagian besar kasus diare dapat sembuh sendiri (terjadi dalam jangka waktu tertentu dan tingkat keparahan yang tetap), terkadang diare dapat menyebabkan komplikasi serius. Diare dapat menyebabkan dehidrasi (ketika tubuh Anda kehilangan banyak air), ketidakseimbangan elektrolit (kehilangan natrium, kalium dan magnesium yang berperan penting dalam fungsi vital tubuh) dan gagal ginjal (tidak cukup darah/cairan yang disuplai ke ginjal).

Saat Anda mengalami diare, Anda kehilangan air dan elektrolit bersama dengan tinja. Anda perlu minum banyak cairan untuk menggantikan cairan yang hilang. Dehidrasi bisa menjadi serius jika gagal diatasi (sembuh), memburuk dan tidak ditangani secara memadai.

Apa perbedaan antara Diare Normal dan Diare Berat?

Sebenarnya ada beberapa cara berbeda untuk mengklasifikasikan diare. Jenis diare ini meliputi:

  • Diare akut: Diare akut yang paling umum adalah diare encer yang berlangsung selama satu sampai dua hari. Jenis ini tidak memerlukan pengobatan dan biasanya hilang setelah beberapa hari.
  • Diare persisten: Jenis diare ini biasanya berlangsung selama beberapa minggu – dua hingga empat minggu
  • Diare kronis: Diare yang berlangsung lebih dari empat minggu atau datang dan pergi secara teratur dalam jangka waktu lama disebut diare kronis.

Siapa yang bisa terkena diare?

Siapapun bisa terkena diare. Tidak jarang banyak orang mengalami diare beberapa kali dalam setahun. Ini sangat umum dan biasanya tidak menjadi perhatian utama bagi kebanyakan orang.

Namun, diare bisa menjadi serius pada kelompok orang tertentu, termasuk:

  • Anak muda.
  • Orang dewasa yang lebih tua (lansia).
  • Mereka yang memiliki kondisi medis.

Bagi setiap orang ini, diare dapat menyebabkan masalah kesehatan lainnya.

Bisakah diare membahayakan kesehatan Anda?

Secara umum, diare akan sembuh sendiri dan hilang (sembuh) tanpa intervensi. Jika diare Anda tidak kunjung membaik dan sembuh sepenuhnya, Anda dapat berisiko mengalami komplikasi (dehidrasi, ketidakseimbangan elektrolit, gagal ginjal, dan kerusakan organ).

Hubungi penyedia layanan kesehatan Anda jika Anda mengalami diare yang tidak kunjung sembuh atau hilang, atau jika Anda mengalami gejala dehidrasi. Gejala-gejala ini dapat mencakup:

  • Urine berwarna gelap dan sedikit urine atau kehilangan produksi urine.
  • Denyut jantung cepat.
  • Sakit kepala.
  • Kulit memerah dan kering.
  • Lekas marah dan kebingungan.
  • Kepala terasa ringan dan pusing.
  • Mual dan muntah yang parah, ketidakmampuan untuk mentolerir atau meminum apapun melalui mulut.

Bagaimana Anda mendiagnosis diare?

Untuk sebagian besar kasus diare ringan, Anda tidak memerlukan perhatian medis. Kasus-kasus ini akan sembuh sendiri (hanya berlangsung selama jangka waktu tertentu) dan membaik tanpa intervensi medis. Kunci diare ringan adalah terapi suportif – tetap terhidrasi dan makan makanan lunak.

Kasus diare yang lebih serius mungkin memerlukan perhatian medis. Dalam situasi ini, ada beberapa tes diagnostik yang mungkin dipesan oleh penyedia Anda. Tes ini bisa meliputi:]

  • Membahas riwayat keluarga yang terperinci, serta kondisi fisik dan medis, riwayat perjalanan Anda, dan kontak sakit apa pun yang mungkin Anda miliki.
  • Melakukan tes feses pada sampel feses yang terkumpul untuk memeriksa darah, infeksi bakteri, parasit, dan penanda inflamasi.
  • Melakukan tes napas untuk memeriksa intoleransi laktosa atau fruktosa, dan pertumbuhan bakteri yang berlebihan.
  • Melakukan pemeriksaan darah untuk menyingkirkan penyebab medis diare seperti gangguan tiroid, sariawan celiac dan gangguan pankreas.
  • Melakukan evaluasi endoskopi saluran pencernaan bagian atas dan bawah untuk menyingkirkan kelainan organik (bisul, infeksi, proses neoplastik).

Bagaimana diare dirawat?

Dalam kebanyakan kasus, Anda dapat mengobati diare ringan dan tidak rumit di rumah. Dengan menggunakan produk yang dijual bebas seperti Diapet Kapsul Anda biasanya akan segera merasa lebih baik.

Namun, obat-obatan yang dijual bebas tidak selalu menjadi solusinya. Jika diare Anda disebabkan oleh infeksi atau parasit, Anda perlu menemui penyedia layanan kesehatan untuk mendapatkan pengobatan. Aturan umumnya adalah tidak menggunakan obat-obatan yang dijual bebas untuk diare jika Anda juga mengalami demam atau tinja Anda berdarah. Dalam kasus tersebut, hubungi penyedia layanan kesehatan Anda.

Ketika diare berlangsung untuk jangka waktu yang lama (beberapa minggu), penyedia layanan kesehatan Anda akan mendasarkan perawatan Anda pada penyebabnya. Ini dapat melibatkan beberapa opsi perawatan yang berbeda, termasuk:

Antibiotik: Penyedia layanan kesehatan Anda mungkin meresepkan antibiotik atau obat lain untuk mengobati infeksi atau parasit yang menyebabkan diare.

Pengobatan untuk kondisi tertentu: Diare dapat menjadi tanda dari beberapa kondisi medis lainnya, termasuk sindrom iritasi usus besar (IBS), penyakit radang usus (IBD) seperti penyakit Crohn dan kolitis ulserativa, kolitis mikroskopis, atau pertumbuhan bakteri yang berlebihan. Setelah penyebab diare teridentifikasi, diare biasanya dapat dikontrol.

Probiotik: Pengelompokan bakteri baik, probiotik terkadang digunakan untuk membentuk kembali bioma yang sehat untuk memerangi diare. Memperkenalkan probiotik dapat membantu dalam beberapa kasus dan beberapa penyedia layanan kesehatan merasa itu patut dicoba. Selalu bicarakan dengan penyedia Anda sebelum memulai probiotik atau suplemen apa pun.

Apakah diare berakibat fatal?

Rasa mulas, sakit perut, dan tubuh yang kekurangan cairan akibat frekuensi buang air besar yang terus terjadi dapat diatasi dengan Diapet Kapsul.     

  • Mengobati frekuensi buang air besar pada anak dan dewasa.
  • Membantu memadatkan feses.
  • Meredakan rasa mulas.

Diare sangat umum terjadi, tetapi bukan berarti tidak berbahaya. Dalam kasus diare yang ekstrim, Anda bisa mengalami dehidrasi berat dan ini bisa menyebabkan komplikasi serius. Dehidrasi adalah salah satu efek samping diare yang paling berbahaya. Pada usia yang sangat muda (bayi dan anak kecil) dan yang sangat tua, hal ini dapat menimbulkan konsekuensi yang serius. Penting untuk minum banyak cairan dengan elektrolit saat Anda mengalami diare. Ini memungkinkan tubuh Anda mengganti cairan dan elektrolit yang hilang akibat diare.

Di beberapa belahan dunia, diare merupakan kondisi yang mengancam jiwa karena dehidrasi dan kehilangan elektrolit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *